Lampu Hijau Renovasi Pasar Besar, Pj Wali Kota Malang Berupaya Segera Terealisasi




MALANG – Rencana renovasi Pasar Besar Malang ternyata mendapat lampu hijau dari Pemerintah Pusat. Hal tersebut disampaikan Wahyu mengatakan, Kementerian PUPR ternyata sudah sempat meninjau langsung kawasan Pasar Besar Malang saat mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, ternyata pihak Ditjen Cipta Karya RI yang menangani proyek-proyek strategis di Indonesia juga sudah menyempatkan diri datang ke Pasar Besar untuk memetakan area.

"Saya bersyukur karena Ditjen Cipta Karya sudah datang ke pasar besar dan melihat banyak untuk memetakan. Ini sudah ada lampu hijau untuk ditangani," ujar Wahyu, Minggu (14/1/2024).

Oleh sebab itu, Wahyu terus berupaya agar renovasi Pasar Besar Malang yang sudah menjadi angan-angan sejak dulu bisa terealisasi.

Setelah beberapa pekan lalu Wahyu Hidayat juga sempat mendatangi PUPR RI di Jakarta untuk membahas proyek renovasi Pasar Besar. Direncanakan pekan depan, ia bersama Diskopindag Kota Malang akan kembali bertamu ke PUPR RI di Jakarta untuk melakukan pembahasan lanjutan.

"Insyallah sama pak Kadiskopindag Minggu depan akan ke sana (PUPR RI Jakart) lagi," ungkapnya.

Ia ingin, kedatanganya ke Jakarta nanti bisa berdiskusi langsung dengan Kementerian PUPR RI untuk mengkorelasikan hasil pemetaan PUPR dan surat usulan dari Pemkot Malang.

"Kita akan diskusi seperti apa penanganannya dan pola penganggarannya," katanya.

Sejauh ini, renovasi Pasar Besar Malang memang belum ada kepastian. Ada dua rencana, yakni dibangun ulang atau hanya rehabilitasi saja.

Namun, kedua rencana tersebut tergantung dari Kementerian PUPR setelah melakukan pemetaan dan harapannya renovasi bisa menggunakan anggaran APBN.

"Modelnya renovasi atau lainnya itu masih kita diskusikan. Kita akan pastikan polanya gimana, pembiayaan gimana," tegasnya.


Saat disinggung apakah target renovasi bisa berjalan tahun 2024 ini, Wahyu masih enggan bicara banyak.

Namun, Wahyu memastikan bahwa dirinya akan berkomitmen untuk merealisasikan renovasi Pasar Besar Malang.

"Mangkannya saya proaktif, saya akan ke sana (Jakarta). Kita kan yang perlu, kita ke sana," ucapnya.

Sementara, Kepala Diskopindag Kota Malang, Eko Sri Yuliadi memastikan bahwa pihaknya sudah siap 100 persen untuk melaksanakan renovasi Pasar Besar.

Sebab, seluruh rencana dan penataan sudah dibuat dan diusulkan. Tinggal bagaimana PUPR RI bisa memastikan renovasi tersebut.

"Diskopindag siap semua, kita ready. Tinggal nunggu sana (PUPR) dulu. Kita jalan sesuai pak Wali," tandasnya. (*)Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Minggu (14/1/2024).

Sumber : https://timesindonesia.co.id/peristiwa-daerah/483264/lampu-hijau-renovasi-pasar-besar-pj-wali-kota-malang-berupaya-segera-terealisasi

Lampu Hijau Renovasi Pasar Besar, Pj Wali Kota Malang Berupaya Segera Terealisasi Lampu Hijau Renovasi Pasar Besar, Pj Wali Kota Malang Berupaya Segera Terealisasi Reviewed by wongpasar grosir on 2:24 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.