4 Penyakit Ini Jadi Perhatian di Bangka Tengah, Zaitun: Ada Trend Peningkatan Kasus yang Signifikan

 





Empat Penyakit Ini Jadi Perhatian di Bangka Tengah, Pemkab Tingkatkan Deteksi Dini dalam Pencegahannya 


BANGKA -- Ada empat penyakit yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bangka Tengah ( Bateng ) pada tahun 2024.

Empat penyakit yang terdiri dari Demam Berdarah Dengue (DBD), Tuberkulosis (TB), Hipertensi dan Diabetes Melitus (DM).



Pencegahan dan penanganan empat jenis penyakit ini juga menjadi pembahasan dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respon Penyakit Tingkat Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2024. 

"DBD, TB, Hipertensi dan DM ini penyakit yang jadi perhatian, karena empat penyakit ini merupakan penyakit yang saat ini menunjukkan trend peningkatan kasus yang cukup signifikan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun, Rabu (5/6/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa pada rapat koordinasi itu untuk mendorong upaya deteksi dini lebih gencar dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan.


"Point penting lainnya juga adanya perbaikan sistem pelaporan agar tata laksana kasus atau penyakit dapat dilakukan sedini mungkin guna mencegah sebaran kasus menjadi luas dan menekan angka kematian," jelasnya.


Ada empat strategi pencegahan dan penanganan empat penyakit tersebut meliputi :

  1. Meningkatkan upaya skrining aktif di lingkungan masyarakat
  2. Mengoptimalkan koordinasi, advokasi dan integrasi lintas program dan lintas sektor dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit
  3. Menjamin ketersediaan logistik dan BMHP pendukung kegiatan pencegahan dan pengendalian penyakit
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkala ke Puskesmas dan Rumah Sakit.


Sebelumnya juga, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mendorong pemkab  meningkatkan kinerja terkait dengan pencegahan, deteksi dini dan respons penyakit.

Hal ini agar mencapai tujuan pembangunan kesehatan yaitu meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

"Tampak jelas bagi kita bahwa perencanaan yang telah kita susun diawal tahun baik itu anggaran maupun kegiatan yang telah ditetapkan, perlu dilakukan evaluasi guna mendukung capaian kinerja yang diharapkan dapat diraih sesuai dengan target indikator kegiatan dan program," kata Algafry. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)



4 Penyakit Ini Jadi Perhatian di Bangka Tengah, Zaitun: Ada Trend Peningkatan Kasus yang Signifikan 4 Penyakit Ini Jadi Perhatian di Bangka Tengah, Zaitun: Ada Trend Peningkatan Kasus yang Signifikan Reviewed by wongpasar grosir on 5:44 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.